Ping your blog, website, or RSS feed for Free Linen, sebuah karya seni dan saksi peradaban manusia | Kunthara - Handweaving in contemporary and traditional designs, Indonesian fabrics

Linen, sebuah karya seni dan saksi peradaban manusia

11.24.2013




Pernah lihat kain pembalut mumi? pasti pernah dong? kain pembalut mumi pada zaman mesir kuno itu bernama linen. Linen merupakan serat alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, kalau katun diambil dari kapas, linen diambil dari kulit pohon rami. sebelum cerita lebih lanjut, kita bahas sedikit asal muasal linen dulu yuk..

Kata linen berasal dari bahasa latin yang diambil dari pohon linum, dalam bahasa Yunani disebut Linon. dari awal kata sejarah ini telah melahirkan sejumlah istilah lain dalam bahasa Inggris yang disebut linen (flax).

Bahkan sekarang linen disebut juga sebagai gaya menenun tekstur dalam kain tenun, walaupun kain tersebut terbuat dari kapas atau rami, tenunan yang agak longgar sering juga disebut sebagai linen. Biasanya kain tersebut umumnya memiliki nama spesifik tersendiri di suatu daerah.. sebagai contoh: di India katun halus yang dibuat gaya menenun linen disebut Madapolam.

Gambar: Pola tenun linen Madapolam


Sejarah penemuan dari tenun linen ini sebenarnya tidak diketahui pasti dan mungkin akan tetap menjadi misteri ke anak dan cucu kita, tetapi pernah ditemukan bukti kain linen yang dibuat di mesopotamia kuno pada zaman 7000 -8000 SM.  Sejak akhir abad yang lalu ada kebangkitan yang kuat dari linen, beberapa linen antik dikumpulkan sebagai karya seni dan saksi peradaban kita.

Kualitas luar biasa dari linen itu sendiri telah membuat serat ini menjadi salah satu pilihan dalam industri mewah untuk orang yang menghargai hidup.
Apakah kalian tau? Pada zaman mesir kuno, linen digunakan untuk pembungkus mumi karena dilihat sebagai simbol cahaya, kesucian dan kejayaan.


Sumber gambar : wikipedia, wikimediacommons

Share This Post

0 comments:

Post a Comment