Ping your blog, website, or RSS feed for Free The spirit of ulos fabric - Fabric review | Kunthara - Handweaving in contemporary and traditional designs, Indonesian fabrics

The spirit of ulos fabric - Fabric review

3.01.2014



Kalau di pulau Nias ada Yahobu, di Sumatera ada Horas. mungkin kita pernah melihat sesama orang Batak saling bertemu dan saling menyapa dengan kata Horas.
Tapi mungkin ada yang belum tahu sebenarnya apa arti dari kata tersebut?

Menurut batakpedia.org sebenarnya tidak ada definisi yang mutlak mengenai arti horas, arti horas itu sendiri lebih kepada salam hangat, bisa berarti selamat datang, ungkapan rasa gembira dan syukur dan juga pengharapan atas keselamatan dan berkat dari yang maha esa. Selain itu, dengan mengucapkan horas saat berjumpa dengan teman atau kerabat dapat membuat suasana menjadi lebih bersahabat dan bersemangat.

Seperti yang akan kita lihat dalam kain ulos diartikel ini. kata horas ditenun dalam sebuah kain ulos yang berukuran 70 x 130 cm. Sepertinya sang pembuat kain ingin menyampaikan semangat harapan bahwa setiap orang khususnya suku Batak harus saling mengasihi dan selalu mengucap syukur.

Langsung kita cek kainnya yuk..


Dengan menggunakan lungsi campuran warna merah putih dan hitam, warna kain ulos ini mencerminkan kekuatan, kedamaian dan keberanian, ditambah lagi dengan tulisan horas yang ditenun dengan menggunakan teknik tambahan pakan berwarna biru menambah kesan dan pesan semangat, kasih sayang dan harapan akan masa depan yang cerah.

Detail in the fabric
Kata Horas yang ditenun menggunakan tambahan pakan dari benang katun warna biru muda menambahkan pesan yang ingin disampaikan sang pembuat kepada sang pemakai.


Tenun plain (anyaman datar) dari perpaduan lungsi hitam dan pakan hitam, yang diatasnya ditambah dengan teknik tambahan benang pakan berwarna kuning, dan putih. Benang pakan berwarna biru muda dalam motif geometri membuat kesan energi sosial dan kerja sama antar suku.


Motif geometri yang dibuat menggunakan teknik tambahan benang pakan katun berwarna hijau muda, putih, merah dan biru muda diatas tenunan datar lungsi merah dan pakan katun berwarna hitam.



Y.M.S
Sumber gambar:
Dok Pribadi

Share This Post

0 comments:

Post a Comment